Internalisasi Nilai-Nilai Islam Moderat di SMP Modern Al-Miftah
Abstract
Internalisasi nilai-nilai Islam moderat, seperti tawassuth (sikap moderat) dan tasamuh (toleransi), merupakan kebutuhan mendesak di tengah tantangan keberagaman dan meningkatnya radikalisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai tersebut di SMP Modern Al-Miftah, sebuah lembaga pendidikan berbasis Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai moderasi dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap siswa, guru, dan staf sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai tawassuth dan tasamuh dilakukan melalui pembelajaran berbasis keteladanan, diskusi kelompok, dan pengalaman langsung dalam lingkungan yang mendukung. Nilai-nilai ini tidak hanya diajarkan secara teoritis, tetapi juga diterapkan dalam interaksi sosial siswa, seperti kerja kelompok dan penyelesaian konflik. Pendekatan tersebut berhasil menciptakan budaya saling menghormati, memperkuat keharmonisan, dan membangun karakter siswa yang toleran dan adil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai Islam moderat membutuhkan penguatan peran guru, pengembangan kurikulum berbasis moderasi, dan penciptaan lingkungan yang mendukung. Dengan implementasi yang konsisten, SMP Modern Al-Miftah dapat menjadi model ideal dalam membangun generasi yang moderat, toleran, dan siap menghadapi keberagaman. Penelitian ini juga merekomendasikan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan dampak positif dari internalisasi nilai-nilai Islam moderat dalam pembentukan karakter siswa.
Downloads
References
Analisis, Studi, Penafsiran Surah, Nur Azizah, and Muh Fatoni Hasyim. “Konsep Tasamuh
Di Indonesia Perspektif M . Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah” 4, no. 1 (2023).
Anuli, Wadan Y. “Jurnal Basicedu” 6, no. 6 (2022): 10402–13.
Bakar, Abu. “Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama” 7, no. 2 (2015): 123–31.
Curup, Iain. “Penerapan Nilai-Nilai Moderat Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di
Sekolah Dasar,” n.d.
Hakim, Dzikrul, Tafuzi Mu, Uril Bahruddin, U I N Maulana, and Malik Ibrahim.
“FORMULASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMIKIRAN YUSUF AL-” 6, no. 1 (2023): 47–57.
Heriyudanta, Muhammad. “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Moderat Dalam Proses Pendidikan Islam Di Indonesia” 4 (2023): 203–15.
Islam, Jurnal Pemikiran. “Vol. 8, No. 2, Desember 2022?: Jurnal Pemikiran Islam” 8, no. 2 (2022): 126–40.
Kusnoto, Yuver. “INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER” 4, no. 2 (2017): 247–56.
Miftah, Muhammad. “Interpretasi Amaliah Tawasuth Dalam Konsep Dasar Pemahaman
Pendidikan Islam Wasathiyyah Dan Relevansinya Di Masa Kini” 3, no. 1 (2023): 498– 505.
Moleong. “Data Primer, Yaitu Data Yang Diperoleh Dari Hasil Wawancara Secara Dan
Pengamatan Secara Mendalam Kepada Para Informannya.” Metode Penelitian Kualitatif, 2005, 48–61.
Nikmah, Fitrotun. “IMPLEMENTASI KONSEP AT TAWASUTH AHLUS- SUNNAH
WAL JAMA ’ AH DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR ( STUDI ANALISIS KHITTAH NAHDLATUL ULAMA )” 15, no. 1 (2018).
Nurhayati, Dewita Anugrah, and Dewita Anugrah Nurhayati. “Toleransi Budaya Dalam Masyarakat Multikultur ( Studi Kasus Peran Masyarakat Dalam Menoleransi Pendatang
Di Kota Serang )” 1 (2023): 95–102.
Perspektif, Dalam, and Al- Q U R An. “TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama Vol. 8, No. 2, Juli – Desember 2016” 8, no. 2 (2016).
Pulungan, Elly Damayanti. “Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Tradisi Wayang Sebagai Media Dakwah Internalization of the Values of Religious Moderation in the Wayang Traditionas a Da ’ Wah Media Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society” 3, no. 1 (2024): 19–31.
RITA. “Urgensi Moderasi Beragama Di Era.” Urgensi Moderasi Beragama Di Era Globalisasi, 2023.
Salim, Arhanuddin, Wawan Hermawan, Rosdalina Bukido, Mardan Umar, Nuraliah Ali, Muh Idris, Evra Willya, et al. Moderasi Beragama, 2023.
Sopian, A, and M Fuadi. “Pembaruan Prinsip Moderasi Islam Dalam Era Globalisasi Dalam Dakwah Islam.” EDUCATE: Journal of Education and …, 2023, 122–33.
https://ejournal.rumahriset.id/index.php/educate/article/view/55%0Ahttps://ejournal.rum ahriset.id/index.php/educate/article/download/55/25.
“Vol. 36, No. 1, Agustus 2013 ISSN?: 0126-396X P” 36, no. 1 (2013).
Wahyudin, Melalui Pembelajaran. “Fikrah: Journal of Islamic Education, P-ISSN?: 25991671, E-ISSN?: 2599-168X,” no. Hanik 2014 (2020).
Yulianti, and Dinie Anggraeni Dewi. “Penanaman Nilai Toleransi Dan Keberagaman Suku
Bangsa Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2021): 60–70.