PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION

Authors

  • Ahmadi STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
  • Syafaah STAI Al-Hamidiyah Bangkalan

Keywords:

Pembaharuan, Pendidikan Islam, Harun Nasution, Rasional

Abstract

Munculnya pembaharuan berawal dari keraguan dan ketidakpuasan akan kondisi-kondisi yang sebenarnya sudah dianggap mapan. Tetapi karena ada ketidak sesuaian dan kesenjangan dengan kondisi terkini, maka ide pembaharuanpun muncul. Pembaharuan terjadi dalam berbagai lini kehidupan, begitupula di Indonesia; salah satunya juga terjadi di dunia pendidikan Islam, pembaharuan dalam pendidikan Islam di Indonesia dimulai karena ketidakpuasan terhadap sistem pendidikan yang diberlakukan pemeritah Belanda; akibatnya, lahirlah sistem Pendidikan baru yang lebih memihak pada pendidikan Islam. Pada perkembangannya, pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia lebih mengarah pada pembahruan pola pikir terhadap ilmu pengetahuan dan pengembangan lembaga pendidikan. Salah satu tokoh pembaharu pendidikan Islam di Indonesia adalah Harun Nasution yang dikenal sebagai tokoh yang pro terhadap ide-ide Muhammad Abduh dan aliran Mu’tazilah yang dikenal dengan rasionalitasnya dalam memahami wahyu. Ide pembaharuan Pendidikan yang diperkenalkan Harun Nasution di Indonesia pada awalnya mengalami berbagai penolakan dan tantangan. Akan tetapi, pada akhirnya di tangannya, muncul pendidikan Islam yang tumbuh menjadi pusat jaringan intelektual khususnya di kalangan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad Daud. 2005. Pendidikan Agama Islam.Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Arifin, Muzayyin. 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Daulay, Haidar Putra. 2014. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.
Daulay, Haidar Putra. 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Jumanatul ‘Ali-Art J-Art.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Iqbal, diakses tanggal 21 Mei 2017.
Muzakki. 2014. Ekspresi Islam di Ruang Publik. Surabaya: Pustaka Adea.
Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasir, Sahilun A. 2012. Pemikiran Kalam (Teologi Islam) Sejarah, Ajaran, dan Perkembangannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Nasution, Harun. 1991. Pembaharuan Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Nasution, Harun. 2006. Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah. Jakarta: Universitas Indonesia UI-Press.
Nata, Abuddin. 2014. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nizar, Samsul. 2013. Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nurisman. 2012. Pemikiran Filsafat Islam Harun Nasution. Yogyakarta: Teras. Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmad, Jalaluddin et. Al. 2003. Nurcholish Madjid, Jejak Pemikiran dari Pembaharu sampai Guru Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Perpustakaan Nasional RI, “Harun Nasution”. 2005. Ensiklopedi Islam, Vol. 2, ed. Nina M. Armando, et al. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rusli, Ris’an. 2014. Pembaharuan Pemikiran Modern dalam Islam. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Shihab, M. Quraish. 2012. Tafs?r Al-Mishb?h. Jakarta: Lentera Hati.
Sutrisno & Suyatno. 2015. Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Tafsir, Ahmad. 2012. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thahir, Lukman S. 2012. Kritik Islam Rasional Harun Nasution. Makassar: Pustaka Refleksi.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

31-12-2022

Issue

Section

Articles