PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MEDIA ASTA PADA SISWA KELAS IV DI UPTD SDN DUPOK 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
motivasi belajar, media pembelajaran ASTA, PAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran 
IPA di UPTD SDN Dupok 2 melalui penggunaan media pembelajaran ASTA (Abrasi Pantai). Latar 
belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh minimnya 
penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan ketergantungan pada buku ajar, sehingga 
proses pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan metode 
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa media pembelajaran ASTA secara signifikan meningkatkan motivasi belajar 
siswa. Pada tahap pra-siklus, 66,7% siswa memiliki motivasi rendah, sedangkan motivasi tinggi 
hanya mencapai 3,3%. Setelah implementasi media ASTA hingga siklus II, persentase siswa 
dengan motivasi rendah menurun menjadi 6,7%, sementara siswa dengan motivasi tinggi 
meningkat menjadi 63,3%. Dengan demikian, media pembelajaran ASTA terbukti efektif dalam 
meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih 
menarik, interaktif, dan bermakna.
References
Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. 2002. Instructional Media and
Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall.
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kemmis, S., & McTaggart, R. 1988. The Action Research Planner. Deakin University
Press.
Moleong, Lexy. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional.
Kuningan: Goresan Pena
Nasution, Noehi, dkk. 1995. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
						