PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V UPTD SDN MANOAN 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Volume bangun ruang, Demonstrasi, MatematikaAbstract
Pendidikan adalah hal yang membedakan antara manusia dengan makhluk lainnya. Akal pikiran 
yang bisa membuat manusia tersebut menjadi insan yang lebih baik dari pada sebelumnya.
Pengelolaan adalah awal dari semua proses suatu pelaksanaan kegiatan yang bersifat rasional.
Matematika adalah ilmu deduktif, aksiomatik, formal, hierarkis, abstrak, bahasa simbol yang padat 
anti dan semacamnya sehingga para ahli matematika dapat mengembangkan sebuah sistem 
matematika. Pembelajaran dapat dikatakan sebagai hasil dari memori, kognisi, dan metakognisi 
yang berpengaruh terhadap pemahaman. Berdasarkan hasil ulangan bahwa hanya 4 dari 15 siswa 
di kelas V yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 70. Kurangnya 
tingkat pemahaman siswa pada materi disebabkan karena ketidaktepatan penggunaan strategi 
pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang bisa memahami volume bangun ruang. Oleh 
karena itu, penulis mengangkat judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menentukan 
Volume Bangun Ruang Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V UPTD SDN 
Mano’an 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2022/2023”. Maka setelah 
dilakukan penelitian yang menggunakan metode demonstrasi pada siklus I dicapai sejumlah 56% 
atau 8 siswa setuju dengan metode demonstrasi, kemudian pada pelaksanaan siklus II hasil 
capaian siswa diketahui bahwa 14 anak atau 94% siswa setuju dengan pembelajaran dengan 
menggunakan metode demonstrasi. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang diketahui 
sejumlah 6 siswa atau 40% anak tuntas, kemudian pada siklus II hasil belajar siswa meningkat
yang dibuktikan dengan sejumlah 14 siswa atau 94% anak tuntas belajar. Dari hasil ini diketahui 
bahwa hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menggunakan metode demonstrai meningkat 
dengan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode 
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan volume bangun ruang 
pada siswa kelas V UPTD SDN Mano’an 2 Kecamatan Kokop Tahun Pelajaran 2022/2023. Maka 
dapat disarankan bahwa metode demonstrasi bisa digunakan pada pelajaran matematika tepatnya 
materi volume bangun ruang harus. Guru hendaknya perlu menambah wawasan tentang berbagai 
macam model pembelajaran dengan tujuan agar dapat memilih model pembelajaran yang sesuai 
dengan kondisi siswa, sehingga siswa tidak lagi menganggap Matematika merupakan pelajaran 
yang sulit dan membosankan.
References
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Badrud Tamam, Zainol Hasan,danHilmi Qosim Mubah. 2020. Pengelolaan Pembelajaran
di Sekolah Menengah Pertama Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan.
p-ISSN2654-729e-ISSN2655-5700143re-JIEM/Vol. 3No.2December2020DOI10
/re-jiem.v3i2.3486.
Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karso. Modul 1 Pembelajaran Matematika di SD.
Nurhadi, Ali. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Goresan
Pena, Kuningan, Jawa barat.
Sudaryono, Margono, dan Rahayu. 2012. Pengembangan Instrumen Penelitian
Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif progresive. Jakarta:Kencana
Undang-Undang 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 1.4
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 39.
Wina Sanjaya. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran(Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
						
							