PENERAPAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI RUMAH DAN BAJU ADAT NUSANTARA PADA SISWA KELAS 4 UPTD SDN MANDUNG 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
pendidikan pancasila, media pop up book, dan siswa kelas IVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas IV di 
UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Karena setelah diadakaan 
observasi, diketahui bahwa dari 26 siswa hanya 31% siswa yang dapat mencapai KKM. Hal 
tersebut di sebabkan karna saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah 
dimana siswa merasa bosan dan jenuh Akibatnya saat proses pembelajaran di SDN Mandung 2 
siswa tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru, dan ada pula yang bermain dengan 
teman sebangkunya, serta, siswa kurang berpartisipasi secara aktif, sehingga siswa sulit 
memahami materi yang di ajarkan. Berdasarkan keadaan tersebut maka diadakan penelitian ini 
berjudul “Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Rumah dan 
Baju Adat Nusantara Pada Siswa Kelas IV UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten 
Bangkalan”. Maka kemudian hasilnya dapat ketahui bahwa keaktifan siswa pada siklus I dicapai 
52%, kemudian naik menjadi 74% pada siklus II. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus I 
dicapai persentase dicapai 47% tuntas belajar, dan naik lagi siklus II yang dicapai 81% siswa 
tuntas belajar. Maka berdasar hasil yang telah diperoleh ini maka dapat disimpulkan bahwa 
belajar siswa kelas IV UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop dalam pelajaran pendidikan 
pancasila pada materi “Rumah dan Baju Adat Nusantara” dinyatakan berhasil dan penelitian 
dihentikan.
References
Adelila, Sri. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi.
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017
http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Burhan Nurgianto.1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta:
BPFE.
Dimyati Dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dzuanda. 2011. Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca? Jurnal
Library ITS Undergraduate, (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id).
Diakses 15 Januari 2018.
Fatchul, Muhammad Mubarok Febrianto. 2014. Penerapan Media Dalam Bentuk Pop Up
Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng
Sepuh Sidayu Gresik
Juhri, M., Nurlaili, Z., & Nurhadi, A. (2023). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality
Management/TQM). JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan
Teknologi, 22(2), 171-178.
Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata
Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten
Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD),
Vol.2 No.2 Juni 2018. http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Mahfiana, L. (2003). Kesadaran hukum mahasiswa terhadap teknologi dan
perkembangannya. Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti
IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi, 1–13.
Mujtahidin. 2014. Ilmu Pendidikkan (Teoritits dan Praktis). Bangkalan: UTM Press
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Ramansyah, Wanda. 2012. Strategi Pembelajaran. Bangkalan UTM Press.
Siti Umami, Skripsi: Pengaruh Media Pembelajaran VCD Terhadap Prestasi Belajar Fiqih
Siswa Kelas VII MTsN Bantul Kota, (Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga, 2009), hlm. 12.
Slameto.2010. Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
						
							