PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM BERMAIN ALAT MUSIK LOKAL MELALUI APLIKASI “LEDENG”
Keywords:
LEDENG, hasil belajar, alat musik tradisionalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media “LEDENG” untuk mengetahui 
peningkatan hasil belajar peserta didik juga keterampilan peserta didik dalam memainkan alat 
musik angklung Dhang Bigih pada kelas 5 UPTD SD Negeri Tramok 2. Penelitian ini berlatar 
belakang bahwa tingkat berhasilnya kegiatan pembelajaran di suatu kelas dapat dipengaruhi 
oleeh pendidikan seni budaya dan kerampilan. Maka hal yang perlu perhatian ialah 
bagaimana penyediaan fasilitas kegiatan pembelajaran seni budaya dan keterampilan agar
dapat menciptakan suasana yang menyenangkan pada awal pertemuan akhirnya siswa mampu 
mengikuti kegiatan pembelajaran dengan antusias. Penelitiaan ini peneliti memilih desain 
pengembangan. Rencana dalam permainan ini berupa aktifitas siswa untuk belajar memainkan 
alat musik menggunakan aplikasi yang berupa buku, namun di dalamnya terdapat alat music 
Angklung Dhang Bigih yang dapat dimainkan oleh peserta didik. Penerapan pengembangan 
media “LEDENG” dilakukan di kelas V UPTD SD Negeri Tramok 2 Kecamatan Kokop
Kabupaten Bangkalan. Siswa berjumlah 17 orang pada tahun ajaran 2022/2023. Pada 
pertemuan 1 menggunakan media “LEDENG” Rata-rata nilai peserta didik yaitu 65,71 dengan 
peserta didik yang nilainya mencapai KKM sebanyak 8 orang dan 9 orang belum mecapai 
KKM, dengan presentase ketuntasan sebesar 47,06%. Setelah pertemuan II terjadi peningkatan 
keterampilan memainkan media dengan 15 peserta didik mampu mencapai KKM atau tuntas 
yang memiliki presentase ketuntasan 88,24%. Hal tersebut terjadi karena peserta didik telah 
terampil dalam memainkan alat musik melalui media “LEDENG”. Karena medianya dapat 
diakses melalui HP sehingga peserta didik mampu belajar secara mandiri.
References
Pratama.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan
: Goresan Pena.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putri, Nadya. 2012. Efektivitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pengenalan
Alat Musik Daerah pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tuna Grahita Ringan di SDLB
20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1 (2).
Rahman, Fauziah dkk. 2018. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Seni
Musik di SMP Negeri 1 Sungayang Kab. Tanah Datar. jurnal Ilmiah Pendidikan Seni
Pertunjukan 7 (1).
Setyawan, Dedy. 2018. Mengenalkan Alat Musik Tradisional Melalui Kegiatan
Ekstrakurikuler Suling Bambu di SD Inpres Rutosoro. Jurnal Akrab Pekanbaru 3 (3).
Sunarto. 2016. Konsep Seni dalam Estetika Ekspresivisme. Yogyakarta: PT. Kanisiu.
Surya D.P, Zudha dan Cindy Taurusta. 2022. Penerapan Augmented Reality pada Alat
Musik Kesenian Reog Ponorogo Berbasis Android. Jurnal Seminar Nasional Inovasi
Teknologi UN PGRI.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Ahmadi & Syafaah. (2022). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA STUDI PEMIKIRAN HARUN NASUTION. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 1-23.
						
							